Cara Menganyam Daun Ketupat

Saya Bangga Karena bisa membuat ketupat , bukan hanya saya , mungkin anda juga bangga jika anda bisa membuat ketupat, Betul Tidak ? ;)

karena ketupat merupakan tradisi khas di Indonesia saat merayakan lebaran, meskipun bagi seorang tukang sate ketupat adalah suatu hal yang sangat biasa ;)

Membuat ketupat tidak Mudah memang , tetapi tidak juga sulit , yahhh sedang - sedang sajalahh ...
bagi saya belajar membuat ketupat sama hal nya seperti saat pertama kali mencabut bulu ketek >> awalnya perih - perih gimana gitu truss lama-kelamaan keenakan gimana gitu ... :p :D

Nahh... walaupun saya menguasai hanya satu bentuk ketupat saja , tetapi tetap akan saya bagikan kepada teman-teman sekalian cara menganyam atau membuat ketupat , berikut step by step nya :


1. Pilihlah Calon Daun Ketupat Yang Permukaannya Halus dan Lebar

2. Buang Batang Lidi & Ujung sisi bagian lainnya yang tajam

Setelah dibuang sisi kanan & kiri



3. Biarkan Daun Ketupat selama 1 hari (agar daun menjadi lemas,mudah di bentuk & tidak mudah robek)




4. Mulai Menganyam :


Posisi daun pada tangan sebelah kiri
Posisi daun pada tangan sebelah kanan


 - jika posisi tangan kanan dan kiri sudah seperti contoh pada gambar diatas, maka mulailah memasukkan daun pada tiap sela yang ada, selang selingkan seperti membuat tikar (Maap gak ada gambarnya, tangan kanan kiri aku lg posisi kayak gambar soalnya :p )



5. Nah, Jadi dehh.....
Ketupat

Hehehe... Mungkin teman-teman yang pada baca bakal bilang "kagak jelas" , Maap deh Maap  ,
Ntar aku coba Revisi lagi nih postingan , soalnya gambar yang ada terbatas :)



Sekian dulu Dink ..


Di coba ya !! :$





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Orang bijak selalu meninggalkan jejak :)